hasil pertanian PATI


Perkebunan

Hampir semua kecamatan di Kabupaten Pati terdapat tanaman kapuk randu, tetapi areal terluas ada di Kecamatan Gunungwungkal, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Sukolilo.
Adapun luas lahan produktif mencapaua 15.112 hektare, dengan total produksi kapuk odol sebesar 8,37 juta kilogram.
Kabupaten Pati juga memiliki komoditas kelapa kopyor yang bisa dijual ke sejumlah daerah di Jateng. Tercatat, luas areal yang ditanami kelapa kopyor mencapai 222,50 hektare dengan total produksi mencapai 298.279 butir. Daerah yang paling banyak memiliki tanaman kelapa kopyor, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tayu, Kecamatan Wedarijaksa, Kecamatan Gembong, dan Kecamatan Trangkil.

Sedangkan luas areal tanaman kelapa biasa mencapai 6.453 hektare dengan total produksi mencapai 21,26 juta butir. Lokasinya tersebar di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Pati. Jumlah terbesar, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tayu, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tlogowungu, dan Kecamatan Winong.

Kopi juga tumbuh dengan baik di kabupaten ini, mengingat luas lahan tanaman kopi milik rakyat saja mencapai 1.652,95 hektare dengan tingkat produksi mencapai 478.058 kilogram biji kopi kering, sedangkan milik PTP IX seluas 440 hektare dengan total produksi sekitar 127.160 kilogram biji kopi kering.

Tanaman tebu juga tumbuh di mana-mana, mengingat di Kabupaten Pati memiliki dua Pabrik Gula, yakni di Trangkil yang dikenal dengan PG Trangkil dan di Pakis yang dikenal dengan PG Pakis. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati hanya dua kecamatan yang tidak termasuk sebagai penghasil tebu, yakni Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Gunungwungkal.

Iklan
By semoetabang1

One comment on “hasil pertanian PATI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s