Tips dan Trik Suporter Menjatuhkan Lawan di Pertandingan Volly



Hal ini saya terapkan saat tim kelas saya bertanding di turnamen TPB CUP IPB 2012, kelas saya saat itu adalah kelas p19 dan p20.
Jika suporter kalian banyak (minimal 20 orang ) tentu tak masalah, cuma nyanyi- nyanyi aja juga lawan udah gentar. Akan tetapi jika pasukan anda kurang dari 10 biji (baca : orang ), maka anda akan sulit menjatuhkan mental lawan anda. Inilah caranya :
1) Gunakan kata-kata yang menjatuhkan mental
Misal : Pada saat lawan akan melakukan service, sebaiknya anda teriak-teriak dengan menggunakan kata- kata : “Weee,,,, bolanya licin, jatuh, gak bisa loo !!! “
Atau yang lebih ekstrim lagi “Weee,,,patah-patah ntar tangan looo!!! Gak bisa, gak jago looo!!!!!”
Kalau dengan kata-kata tersebut lawan masih bisa melakukan service, maka berdo’alah supaya bolanya keluar.
Misal : lawan akan menerima bola service dari tim anda, sebaiknya anda teriak-teriak dengan menggunakan kata- kata : “Wee,,,lo tau kagak ?? Bolanya tu berat banget, ntar sakit kena tangan “. Seperti layaknya sifat manusia yang selalu penasaran, tiba-tiba salah satu lawan lo yang akan menerima bola malah ngajak diskusi looo “ Emang iya ?? Masa sih ??? kgak percaya”, dan tiba-tiba “priitttt” poin untuk tim looo, karena bolanya kagak ada yang nerima *wkwkwkwkwk. Atau kadang-kadang ada lawan yang secara mentah-mentah nerima perkataan dari anda
“AAAAAAA,,,,, emang beneran beratt ??? Kabuurrrrr ahhhh gak mau,,,, ntar sakit” Dan keuntungan untuk tim loooo,,,,hagagagagaag 😀
Atau anda bisa menggunakan kata-kata yang lain seperti : “weeee,, hayo-hayooo bingung-bingunggg !!! Hayoooo, jatoh-jatoh bolanya, gak bisa looo,,, gak bisaa !!!!” Dan di saat itulah mereka bingung dan melakukan kesalahan sendiri, paling mereka komen “ihhh apaan sih ????” wakakakakakkkkk,,,,,,,,, *krik.krik*
2) Berusahalah selalu dekat dengan lawan anda
Hal ini dimaksudkan supaya anda dapat dengan leluasa menjatuhkan lawan anda dengan perkataan yang merusak mental mereka, karena memang sulit kalau gak deket.
Misal : Bila lo lagi ada ditribun yang sangat jauh untuk mengatakan kata-kata supaya bisa didengar maka lo harus berpura-pura menjadi pengganti panitia pertandingan yang lagi sakit. Atau jika hari itu gak ada yang sakit, buatlah panitia itu sakit, misal, lo kagak kenal ama panitia tu, sok kenal aja. “E brow, kayaknya lo haus deh, ini ada sedikit minum, lo pasti butuhin ini kok”. “O ya,,, baik banget ya looo, makasih yaa “ kata panitia itu. Dan diminumlah minuman itu yang sebelumnya udah lo kasih peresan cabai + tomat busuk. Tunggu reaksi kimianya supaya perutnya bergejolak, paling sekitar 5 menit udah beseeer tu panitia, tiba-tiba “ Eh-eh perut gue sakit ni,, lo bisa gak gantiin gue sebentar aja ??? Ntar ada pertandingan,,,,(pertandingan yang dimaksud asumsinya pertandingan tim anda).. dan ini juga kartu ID panitia gue,,, pliissss gantiin bentar yaaa ???” . setelah kayak gini jangan jual murah, anda harus jual mahal..”emmm gimana ya ??? Aduh, kayaknya gue sibuk banget coyy, lagi ada urusann,, gimana yah ??” . Tunggu tu panitia sampai mereka memohon-mohon ke elu, atau sampai ngemis-ngemis ke elu, dan di saat seperti tu, lo langsung jawab “ Ah ya udah deh, dengan berat hati gue mau….=,=”.” Waaa makasih yah brooowww “ kata tu panitia. “ Iyaa sama-sama (sambil senyum, namun dibalik senyum ada sepasang tanduk yang muncul dikepala, dan tiba-tiba ada ekornya :D). Nah dari sini lo bisa deket ama lawan lo, dan lo bisa melakukan tindakan semena-mena (baca : tindakan merusak mental )
Kedua cara di atas sangatlah berguna, jika anda tidak ada pasukan untuk membantu mendukung tim kesayangan anda saat bertanding, NAMUNNN, INGAT !!! Perbuatan di atas tentu ada efek sampingannya, yaitu :
1) Jika anda melakukan cara pertama, dan pada waktu itu anda berada di lokasi yang sangat jauh dari lawan anda, maka anda dapat dicap suporter lain sebagai ORANG GILA, ORANG GAK WARAS, ORANG STRES, atau mungkin DASAR BUKAN ORANG LO !!!!!
2) Jika anda melakukan cara yang kedua, maka bersiaplah anda masuk penjara, karena anda termasuk melakukan hal atau tindakan kriminal, karena bermaksud untuk meracuni orang dengan sengaja dan terencana. Apa anda kagak membayangkan ? Bagaimana nasib dari keluarga yang ditinggalkan ?? mau makan dengan apa mereka ?? 😀
3) Jika anda masih saja tak menghiraukan efek samping ini, dan anda masih saja membaca artikel ini dengan maksud dan tujuan tertentu, maka saya jamin anda adalah ORANG GILA !!! wkwkwkwkwk,,,,,
Nb : tips di atas hanya berlaku untuk pertandingan volly putri
Maaf tidak ada maksud untuk berkata yang tak senonoh di artikel ini, namun keadaan yang menuntut saya untuk menulis artikel seperti itu, jadi kesadaran sajalah,….=)) Terima kasih, bye-bye,,, agagagaga

Created by : sem0etabang

Iklan
By semoetabang1

Eksis Dengan Internet (Dari CUPU Menjadi “SESUATU”)


AXIS GSM YANG BAIK

Ehm… ya pembaca yang budiman, kali ini saya akan menceritakan pengalaman unik saya, yang dimulai ketika saya selesai kuliah. Siang itu saya bertemu seorang teman yang bernama Budi, dari jauh saya lihat ia sangat murung, wajahnya bagaikan baju yang belum disetrika, lecek-lecek kusut :D. Semakin saya mendekatinya semakin parah GALAUNYA.
“Hai bro.. pa kabar ???”,sapaku tanpa dosa sambil duduk disampingnya. Dengan mata sayunya ia hanya melirikku saja. Sejenak suasana hening, terbisik suara angin sepoi-sepoi saja. Dan pada suatu ketika…
“Coy.. kau tahu kagak ???”, katanya mengagetkanku.
“Wee, apa coy ??”, balasku
“Gini coy, di kelas, gua sering diejek ama temen- temen coy…”, balasnya meratapi nasib
“Ha ?? wkakakakk, kenape coy ??” jawabku lagi- lagi tanpa dosa.
“Gini coy, kan sekarang musimnya FACEBOOKan ye ?? Lah kelas gue tu ada grupnya. Yang jadi masalah gue kagak pernah tuh nge-post, ngoment, bahkan nge-like pun. Paling-paling sesekali doank, itu aja pas di tanggal- tanggal muda.”, ceritanya memelas.
“Emang kenapa coy ?? Kenapa cuman di tanggal muda ?? Kenapa lo kagak aktip Fban ??? Kenapa lo malu-maluin gue ?? dan Kenapa lo….”kataku
“STOP….!!!! “, bentaknya
“GUE NGGAK PUNYA PULSAAAAAAAA, YANG BISA IRIT NGENETNYAAAAAAAA!!!!!!!”, sambung Budi dengan menengadahkan kedua tanngannya seperti orang yang memohon pada sang Kuasa :D. Ekspresi wajahnya menandakan kepolosannya.
“Hah ??? AAPAA ??? WUAHAHAHAHA, sini ikut gue….”, sambil menarik tangnnya, ku bawa dia pakai motor ke penjual kartu perdana.
“Ini nih, pakai kartu perdana ini, buang kartu perdana lama lo…!!!”kataku dengan ekspresi sok malaikat.
“Kartu perdana apa ini ??? Ungu keputih-putihan !!” katanya polos.
“Eits jangan salah, kartu ini adalah kartu rajanya internetan, yaitu kartu AXIS. “ kataku.
“Coba lo pakai deh, ntar setelah itu, lo coba ketik *123*2#, setelah itu pilih menu yang lo suka, di sana ada menu AXIS PRO UNLIMITED, buat lo biar gak cupu masalah FB lo bisa pilih AXIS Eksis unlimited, ada SPEED BOOSTER buat lo yang pengin internetan dengan kecepatan maksimum, atau pilih menu INTERNETAN HARIAN buat lo yang suka ngirit ngenet, karena di menu itu lo bisa ngenet maks. 10mb buat 24 jam dengan biaya 1000 rupiah saja ….hahaha …jadi lo bisa EKSIS DENGAN INTERNET !!” sambungku.
“Apa ??? Sumpah lo ??? kagak percaya gua !!!” tampangnya sinis.
“Eits coba aja dulu ye !!! Ntar kalau kagak sesuai yang gua terangin, lo boleh maki- maki gue sesuka hati lo !!!” kataku sok sinetron.
“Iya deh gua coba”, katanya
“Nah gitu donkkkk” , kataku bahagia.
Satu bulan kemudian, ketika gua lagi nikamatin bakso di kantin, gua kaget ada yang mukul bahu gua dari belakang, setelah gua nengok, terpampanglah sesosok wajah yang tak asing lagi bagiku, ya wajah melas+ polosnya Budi.
“Hai bro, pa kabar ???” sapanya
“Haiii, fine-fine aja, sama siapa kamu ???” kataku heran karena di sampingnya ada cewek cantik.
“Ow ini cewek gua coy..” katanya dengan bangga .
“Ha ??? sumpah lo ???? :O “ kataku gak percaya.
“Gimana ceritanya ??? “sambungku.
“Gini Mas Bro, sebelumnya gua makasih ye, lo udah memberi pencerahan gua yang tentang makai kartu AXIS kemarin, dari AXIS tu gileee gua bisa jadi EKSIS DENGAN INTERNET, bukan aja di FB ye, twitter, google+, YM, Koprol, udah gua lahap semua. Bukan hanya di jejaring sosial gua juga sekarang udah update terus berita terkini lewat detik.com, vivanews.com dan banyak lagi deh, dan yang penting gara-gara AXIS gua sekarang udah dapat cewek coy, gua kenal ni cewek dari FB coy…. Gua sekarang Budi yang baru, bukan Budi yang cupu yang kagak EKSIS DENGAN INTERNET tapi Budi yang “sesuatu” deh… Mas Bro bisa nilai sendiri hehehe, thank you Mas Bro, dan terima kasih AXIS…..Oke deh gua jalan dulu yew….:D”katanya panjang lebar, sambil girang. Gua hanya bisa mlongo saja. Soalnya gua aja blom dapet cewek wkakakakakak…..:D
Nah pembaca cerita di atas merupakan cerita 50% fiksi dan 50% non fiksi, kalau cerita boleh fifty-fifty, tapi kalau pakai AXIS bisa EKSIS DENGAN INTERNET, 100% SALUUTTTT !!!! terima kasih AXIS ^^
Created by : Danar Riangga (Sem0etabang)
STOP COPAS !!!!!

By semoetabang1

SANG JUARA



Hmm, pembaca pasti pengen tahu apa arti judul di atas, ya SANG JUARA ini akan kuberikan kepada bapak-bapak yang lebih tepatnya adalah kakek-kakek pejual es di dalam gerbong kereta api jurusan Semarang- Jakarta. Kenapa bisa jadi juara ?? Ini dia kisahnya….
Hari itu adalah hari terakhir liburan pra-UAS, dan saya harus kembali ke kota Bogor tercinta. Saya kembali ke Bogor bersama teman-teman satu angkatan, awalnya dari rumah kita berangkat dengan bis, setelah tiba di Semarang kami berlanjut naik kereta. Hal yang kusukai dari naik kereta, selain harganya yang murah, ada sensasi lain yang kurasakan. Nggak komplit kalau ke Bogor nggak naik kereta.
Segeralah kami naik kereta, yang berangkat dari Semarang pukul 19.00 WIB. Dan akhirnya keretapun melaju dengan kencangnya. Setiba di kendal, sensasi lain yang kusebut tadi muncul, yaitu kehadiran para pedagang asongan yang ‘bernyanyi –nyanyi’ menjajakan barang dagangannya.
“Sayang anak- sayang anak, “kata salah seorang menawarkan mainan kepada saya.
“Emm, saya belum punya anak pak” wkwkwk seenaknya saja saya menjawab.
Dan ada lagi, “ Sayang usus- sayang usus, dengan minum YAKULT, mas,, sayang usus ??”
“Wkwkwk, saya nggak sayang usus pak, saya sayang bapak..* loh !! =O* wakakakak” bercanda.
Dan pada suatu ketika, nampak dari kejauhan seorang kakek yang sudah tua *yaiyalah, masak kakek-kakek masih ABG =D* ia sibuk menjajakan dagangannya berupa es, dengan wajah datarnya sayup- sayup terdengar ia berkata “ES”, *HAH ??? =O* Mari kita replay lagi “ES”, “ES”, “ES”…………………………………………………………………………………………………………Kata-katanya nyelenting di kuping saya.
HAH ??? Cuma itu ?? menjajakan es cuman bilang “ES” hah ???? wakakakakakakakak demi apa ??? datar banget lagi, wakakakakak…..
Dan akhirnya sampailah di depan kursi saya, dan dia hanya berucap “ES”. Tubuhku gemetar waktu itu nahan mau ketawa, dan setelah beberapa meter berlalu, WUAKAKAKAKAKAKAKAK, saya kagak bisa nahan ketawa saya, MELEDAK ketawa saya, masa cuman bilang “ES” udah wkwkwkwkwk…..
Tapi jujur, saya salut dengan kakek itu, karena dengan itu dia berani tampil beda, dia berani berinovasi, supaya lain dari yang lain, dan itulah karakter dia. Didalam hidup, kita harus mempunyai karakter yang kuat, berani tampil beda dari yang lain, asalkan tidak negatif saja, itulah yang disebut SANG JUARA. Selamat buat kakek tadi karena telah memberi kita pelajaran tentang hidup, dan pantaslah kalau beliau disebut sebagai SANG JUARA *PROK-PROK-PROK* =D
YANGSINGKATYANGBERMAKNA
Created by : sem0etabang

By semoetabang1

Sahabatku Malang



Ya ituah yang terjadi dengan sahabatku yang bernama Win, seperti namanya, mungkin orang tuanya juga berharap kalau dia akan menjadi ‘pemenang’, akan tetapi itu hanya sebuah harapan. Rabu 24 Agustus 2011 yang lalu sepulang saya dari Bogor, saya mendapat kabar kalau sahabat saya yang bernama Win tadi menjadi GILA atau kata yang agak sopan sedikit adalah depresi berat. Tak disangka- sangka baru saja 2 bulan yang lalu kita masih bermain bersama, main bola, main kartu, tertawa bersama dan masih banyak lagi yang lain. Kabar menyebutkan kalau dia menjadi seperti itu gara- gara ‘ketempelan’ jin dari Jepara, karena sehari sebelum dia menjadi seperti itu dia main ke Jepara, kabar burung sih dia mau ke arah Tayu, tetapi kesasar ke Jepara. Ada juga kabar yang menyebutkan dia jadi seperti itu gara- gara permintaan dia untuk punya motor tidak dikabulkan oleh orang tuanya, ya mungkin karena kondisi orang tuanya yang tidak begitu mampu untuk membeli motor yang diinginkannya, apalagi suami dari ibunya atau ayahnya sudah meninggal beberapa tahun yang lalu akibat bunuh diri dengan cara gantung diri. ***

Sabtu sore, saya ikut ayah saya pergi ke kebun untuk memeriksa kondisi kebun, di sana terdapat pohon nangka yang sudah berbuah, saya dan ayah saya bermaksud untuk membungkus nangka itu dengan karung. Seusai membungkus nangka, kami beristirahat di tepi kebun, tak berapa lama, dari arah kejauhan ada seorang memboncengkan sesuatu, semakin dekat ternyata yang diboncengkan oarang itu adalah Win, pelan motor itu melewati saya dan ayah saya, nampak wajah yang tak asing, wajah sahabatku yang nampak linglung, pucat, ‘acak-adul’-lah, sambil memegangi kaki yang penuh dengan luka yang nampak menjadi ‘borok’. Tak kuasa aku melihat pemandangan yang menyedihkan, ingin ku panggil namanya akan tetapi mulut ini serasa ada yang mengunci, berat sekali.
“Tuh lihat tuh “, kata ayahku
Tetapi masih saja aku diam, melihat dia berlalu, semkin jauh meninggalkan kami berdua.
“Ayo kita pulang !”, kata ayahku, membuyarkan lamunanku.
“Iya” , sahutku.
Di perjalanan ke rumah, saya bertanya kepadah ayah saya, kenapa kakinya penuh luka seperti itu, ternyata dia habis kecelakaan di dekat ‘pom bensin’ dekat desa saya yang berjarak ± 500 m. Setelah dia jatuh di sana entah dengan sadar atau tidak, di ‘menyeret- nyeret’ motornya sampai ke rumahnya, cerita ayahku yang membuatku semakin shock. Tak disangka- sangka, sahabatku yang baik hati, lucu, ternyata bisa ‘rusak’ seperti itu. Memang waktu berjalan sungguh cepat. Dua bulan yang lalu, saya masih bermain dengannya, tapi sekarang dia ‘asyik’ sendiri dengan duniannya, sungguh sahabatku yang malang.

*kisah ini adalah kisah nyata yang dialami oleh penulis

Created by : sem0etabang

By semoetabang1

REMBANG 3


Peternakan

ternak1Hasil Peternakan di Kabupaten Rembang yang dapat dikembangkan sebagai potensi unggulan adalah Usaha sapi potong, khususnya di Desa Meteseh, sedangkan di Kecamatan Kaliori adalah usaha pembibitan. Usaha ini dikelola secara kelompok dengan jumlah anggota 55 orang. Ketua dari kelompok tersebut adalah pak Jamsu. Hampir semua penduduk di desa tersebut tertarik untuk menjadi anggota kelompok, namun karena keterbatasan modal maka mereka harus menunggu giliran, karena dalam kelompok ini memakai sistem modal bergulir. Manfaat dari usaha ini sudah dapat dirasakan oleh para peternak sehingga warga lain yang belum menjadi peternak tertarik untuk juga ikut dalamkelompok.

peternakan REMBANG

By semoetabang1

REMBANG 2


Siwalan

Sebagian wilayah Kabupaten Rembang termasuk kawasan pegunungan kapur, sehingga tumbuh subur pohon siwalan di sejumlah daerah, sehingga produksi buah siwalan dan air nira atau dikenal legen cukup melimpah.
Untuk mendapatkan buah legen yang tumbuh subur di daerah kapur tersebut, anda cukup datang ke Desa Landoh, Kecamatan Sulang, dengan jarak tempuh dari Kota Rembang ke arah Blora sekitar delapan kilometer.
Di sepanjang jalan banyak dijumpai pedagang yang menjajakkan minuman khas legen beserta buah siwalan dengan harga yang cukup murah. Cara penyimpanan legen tersebut juga cuku khas dengan menggunakan bambu.
Minuman yang disadap dari tangkur buah siwalan ini biasanya disajikan dengan es batu sebagai pelepas dahaga. Anda juga bisa meminumnya dengan ditemani makanan ringan atau aneka makanan gorengan.
Selain menyegarkan, ternyata ditemukan beberapa fakta bahwa legen bisa membantu kesehatan fungsi ginjal.
Jenis minuman yang diambil dari tangkur buah siwalan ini juga cocok dijadikan pelepas dahaga setelah menjalani ibadah puasa. Minuman ini juga bisa dikombinasikan dengan potongan buah siwalan yang disajikan dengan es batu seperti layaknya es kelapa muda.

By semoetabang1

REMBANG


Garam

Kota Rembang pantas disebut sebagai Kota Garam karena produksi garam per tahunnya cukup melimpah. Bahkan, produksi garam lokal mampu mencukupi kebutuhan bahan baku garam in¬dustri empat perusahaan ga¬ram konsumsi lokal sekitar 22.820 ton/tahun. Namun, produksinya 2010 sedikit turun menjadi 20.000 ton, menyusul cuaca buruk yang sering kali terjadi. Kapasitas produksi garam di Rembang masih bisa ditingkatkan, mengingat tingkat produksi tahun 2009 bisa mencapai 145.733 ton.
Sepanjang jalan Juwana-Rembang, pertanian garam bisa dilihat yang membentuk hamparan luas berbentuk segi empat yang dilengkapi alat untuk mengambil air yang akan diolah menjadi garam.
Adapun luas tambak garam di Kabupaten Rembang sebesar 1465,14 hektare dengan tingkat produksi rata-rata per tahun sebesar 99 ton per hektare.
Sedangkan jumlah petani garam mencapai 700-an petani yang tersebar di Kecamatan Rembang, Lasem, Kaliori, Sarang, Sluke, dan Kragan.

By semoetabang1

PERTANIAN PATI


Pertanian

Salah satu hasil pertanian yang membuat Kota Pati dikenal oleh masyarakat luas adalah kacang tanah, karena di kabupaten ini pula tumbuh dua perusahaan besar yang mengelola kacang tanah, yakni Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci.

Luas areal tanaman kacang di Kabupaten Pati sekitar 4.400 hektare dengan produktivitas 11,51 kuintal per hektare, sedangkan total produksinya mencapai 5.266 ton kacang kering.

Sentra tanaman kacang tanah, tersebar di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Gunungwungkal, Kecamatan Tayu, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Gembong, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Margorejo, Kecamatan Tambakromo, dan Kecamatan Pati. Untuk komoditas kacang tanah ini, Kecamatan Gunungwungkal merupakan penghasil terbanyak sekitar 995 ton.
Meski demikian, suplai kacang yang ada di kabupaten ini belum mampu memenuhi kebutuhan dua perusahaan pengolah kacang tanah tersebut, mengingat insutri pengolahan kacang tanah skala kecil juga cukup banyak.

Selain kacang tanah, Kabupaten Pati juga memiliki hasil pertanian yang layak diperhitungkan, yakni ketela pohon karena menjadi pemasok ratusan industri tepung tapioca di kabupaten ini. Sentra industri tepung terbesar di kabupaten ini, yakni di Kecamatan Margoyoso.

Luas lahan yang biasa ditanami ketela pohon sekitar 18.259 hektare dengan tingkat produktivitas 217,70 kuintal per hectare, denan total produksi basah dengan kulitnya 397.498 ton.

Daerah terbanyak yang menanam tanaman ketela pohon, yakni Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Margorejo, dan Kecamatan Tayu.

Komoditas kacang hijau juga tumbuh luas di kabupaten ini, karena luas arealnya mencapai 7.497 hektare, dengan tingkat produktivitas 17,38 kuintal per hektare, sedangkan total produksi 13.032 ton biji kering.

Adapun wilayah yang banyak terdapat komoditas ini, yakni Kecamatan Gabus, Kecamatan Kayen, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Winong, Kecamatan Puncakwangi, Kecamatan Margorejo, Kecamatan Tambakromo, Kecamatan Jaken, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Juwana, Kecamatan Batangan, dan Kecamatan Pati.

Sedangkan komoditas tanama kedelai, masih cukup kecil karena luas areal tanamannya hanya 1.903 hektare dengan produktivitas 21,72 kuintal per hektare, sedangkan total produksinya sekitar 4.131 ton biji kering.

By semoetabang1

TERNAK PATI


Ternak

Hewan ternak yang menjadi primadona peternak di Kabupaten Pati, yakni Sapi dan kambing. Untuk hewan ternak sapi, tingkat populasinya mencapai 61.871 ekor, sedangkan jumlah pemotongan per tahunnya mencapai 38.871 ekor. Sedangkan populasi kambing sekitar 139.433 ekor dengan jumlah peternak sebanyak 34.228 orang.
Daerah yang berpotensi untuk dijadikan kluster hewan ternak, yakni Kecamatan Gunungwungkal, Kecamatan Gembong, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Tlogowungu, dan Kecamatan Sukolilo.

Untuk memudahkan peternak melakukan jual beli, tersedia pasar hewan yang cukup strategis karena berada di Jalan Pati-Kudus kilometer 5, masuk wilayah Kecamatan Margorejo.

Setiap hari pasaran, pasar yang terletak di jalur padat tersebut ramai dikunjungi pedagang dan pembeli hewan ternak dari sejumlah daerah di Kabupaten Pati dan sekitarnya.

By semoetabang1

hasil pertanian PATI


Perkebunan

Hampir semua kecamatan di Kabupaten Pati terdapat tanaman kapuk randu, tetapi areal terluas ada di Kecamatan Gunungwungkal, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Sukolilo.
Adapun luas lahan produktif mencapaua 15.112 hektare, dengan total produksi kapuk odol sebesar 8,37 juta kilogram.
Kabupaten Pati juga memiliki komoditas kelapa kopyor yang bisa dijual ke sejumlah daerah di Jateng. Tercatat, luas areal yang ditanami kelapa kopyor mencapai 222,50 hektare dengan total produksi mencapai 298.279 butir. Daerah yang paling banyak memiliki tanaman kelapa kopyor, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tayu, Kecamatan Wedarijaksa, Kecamatan Gembong, dan Kecamatan Trangkil.

Sedangkan luas areal tanaman kelapa biasa mencapai 6.453 hektare dengan total produksi mencapai 21,26 juta butir. Lokasinya tersebar di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Pati. Jumlah terbesar, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tayu, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tlogowungu, dan Kecamatan Winong.

Kopi juga tumbuh dengan baik di kabupaten ini, mengingat luas lahan tanaman kopi milik rakyat saja mencapai 1.652,95 hektare dengan tingkat produksi mencapai 478.058 kilogram biji kopi kering, sedangkan milik PTP IX seluas 440 hektare dengan total produksi sekitar 127.160 kilogram biji kopi kering.

Tanaman tebu juga tumbuh di mana-mana, mengingat di Kabupaten Pati memiliki dua Pabrik Gula, yakni di Trangkil yang dikenal dengan PG Trangkil dan di Pakis yang dikenal dengan PG Pakis. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati hanya dua kecamatan yang tidak termasuk sebagai penghasil tebu, yakni Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Gunungwungkal.

By semoetabang1